Kumpulan Informasi Tentang Pohon Bergambar Terlengkap

Jumat, 06 November 2020

Pohon Cendana Merupakan Tumbuhan Khas Dari Provinsi

Sejak abad ke 15 cendana merupakan pohon yang sangat menjadi primadona bagi manusia di bumi ini karena memiliki manfaat yang banyak. Oleh karenanya kayu cendana sering digunakan orang untuk rempah rempah bahan dupa aromaterapi campuran parfum serta warangka keris.

Pohon Cendana Tanaman Beraroma Wangi Dari Nusa Tenggara Timur Daerah Kita Sajian Artikel Ringan Dan Informatif Nusantara

Tanaman cendana merupakan salah satu jenis tumbuhan dari marga santalum dan termasuk dalam suku santalaceae dari ordo loranthaceae ia dapat tumbuh hingga ketinggian 11 15 meter dengan diameter batang mencapai 25 30 cm.

Pohon cendana merupakan tumbuhan khas dari provinsi. Selain menjadi pohon khas dari nusa tenggara timur cendana juga tumbuh di hutan alam dan hutan tanaman di daerah bondowoso jember gunung kidul bali maluku dan sulawesi. Pohon cendana sandalwood pohon cendana ini sangat terkenal karena menghasilkan aroma wangi dan harum yang khas. Cendana atau santalum album merupakan pohon yang yang jadi primadona lantaran aroma wangi dan harum yang khas.

Pohon cendana ditetapkan sebagai ikon flora dari provinsi ntt. Kipas ini akan menghasilkan wangi khas cendana jika dikibaskan. Hal ini disebabkan minyak atsiri yang dikandung oleh pohon ini.

Bau harum khas cendana berasal dari kayunya. Biasanya kayu dari pohon ini digunakan untuk barang kerajinan. Yang biasa dimanfaatkan dari pohon cendana adalah kayu dan minyaknya.

Kayu cendana dan minyak cendana yang dihasilkan dari pohon ini yang kemudian menjadikan harga pohon ini sangat mahal. Cendana merupakan pohon penghasil minyak atsiri yang memiliki aroma khas yang didapatkan dari akar kayu maupun rantingnya. Kebijaksanaan pemerintah yang menetapkan seluruh kayu cendana dimiliki pemerintah baik yang tumbuh alami atau di taman warga menyebabkan masyarakat tidak terdorong.

Bunga cendana berbentuk seperti payung menggarpu atau malai dengan hiasan. Pohon cendana sekarang jumlahnya semakin berkurang sehingga digolongkan tumbuhan langka. Pada tanah hat loam yang subur pohon cendana tumbuh baik dan cepat menjadi besar tetapi kandungan minyaknya sangat rendah dan kualitasnya juga kurang baik.

Br dan santalum myrtifolium l roxb. Pohon cendana pada abad ke 15 menjadi daya tarik bagi bangsa eropa untuk memburunya di nusa tenggara timur ntt khususnya pulau. Nama gaharu pada pohon ini berasal dari bahasa melayu atau dari bahasa sansekerta aguru yang berarti kayu berat.

Minyak atsiri cendana ini diproduksi oleh sistem metabolisme dari pohon tersebut. Pohon cendana tidak mempunyai toleransi terhadap tanah tanah yang mengandung garam dan kapur yang tinggi akan tetapi dapat toleran terhadap tanah yang mengandung natrium sodic soils. Kini pohon cendana telah ditemukan di banyak negara seperti india sri lanka bangladesh australia hingga beberapa negara kepulauan di samudra pasifik.

Pohon cendana merupakan tumbuhan kebanggaan dan ciri khas provinsi nusa tenggara timur ntt. Daun cendana merupakan daun tunggal berwarna hijau berukuran kecil kecil 4 8 cm 2 4 cm. Cendana memiliki beberapa nama lain yaitu sirium myrtifolium l santalum ovatumm r.

Selain kayunya pohon cendana juga. Yang paling umum adalah kipas kayu cendana. Namun sayangnya saat ini keberadaan pohon cendana sudah mulai langka.

Harga Pohon Cendana Ratusan Juta Rupiah Youtube

Tuliskan 3 Tiga Upaya Yang Dapat Di Lakukanuntuk Melestarikan Cendana Brainly Co Id

Mengenal Pohon Cendana Penyebaran Kharakteristik Manfaat

Pohon Cendana Jenis Manfaat Kelangkaan Budidaya

Pohon Pohon Wangi Yang Ada Di Indonesia Ada Cendana Sampai Gaharu Semua Halaman Bobo

Cendana Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Mengembalikan Keharuman Kayu Cendana Indonesia Ekonomi Bisnis Com

Cendana Tumbuhan Khas Pulau Timor Yang Nyaris Punah Sideka

Mengenal Pohon Cendana Yang Dicari Orang Seluruh Dunia Kompasiana Com

Jenis Hewan Dan Tumbuhan Yang Mendekati Kepunahan Ppt Download

Pohon Cendana Merupakan Tumbuhan Khas Dri Provinsi Brainly Co Id


0 komentar:

Posting Komentar